Ayam Bangkok Super 2019: Cara Menjaga Kesehatan Ayam Aduan Dari Penyakit

Ayam Bangkok Super 2019: Cara Menjaga Kesehatan Ayam Aduan Dari Penyakit - Para penghobi ayam pasti memiliki cara menjaga kesehatan ayam aduan dari penyakit yang secara langsung biasanya akan mereka lakukan secara rutin. Untuk di beberapa provinsi di Indonesia sendiri sudah sangat banyak sekali para penggemar ayam aduan sama seperti di negara Thailand. Cara dalam merawat ayam adu itu bukanlah hanya sekedar memberi makan dan minum saja.

Perawatan kesehatan ayam adu itu mencakup banyak hal, salah satunya adalah pemberian obat-obatan dan juga beberapa vitamin agar ayam tersebut selalu fit staminanya. Untuk pemeliharaan unggas dan ayam ternak sendiri tidak lepas dari penyakit yang mungkin saja menyerang.
Ayam Bangkok Super 2019
Pemberian obat-obatan dan vitamin dapat diberikan dengan beberapa bahan alami dan bahan kimia olahan. Sudah dapat dipastikan bahwa para penghobi ayam akan sangat menjaga ayam adu milik mereka agar terhindar dari penyakit yang dapat menyerang.

Berdasarkan data yang dimiliki tim agen sabung ayam, pada saat ini beberapa penyakit ayam adu tersebut sudah dapat di tangani dengan beberapa jenis obat-obatan dan perawatan khusus. Sebelum memberikan obat kepada ayam yang sakit, sebaiknya anda mengindikasikan terlebih dahulu penyakit dan cara kerja penyakit yang menyerang ayam tersebut. Jika sudah mengetahui jenis penyakit dan serangan yang diberikan pada ayam aduan, maka barulah anda dapat memberikan obat yang cocok dengan jenis penyakit tersebut.

Cara Menjaga Kesehatan Ayam Adu Dari Penyakit
Biasanya penyakit ayam sering kali menyerang pada pergantian musim karena perubahan iklim dan cuaca yang tidak menentu dan menimbulkan virus serta kuman. Para penghobi ayam yang sudah senior akan sangat protektif pada saat pergantian musim ini, biasanya mereka akan memberikan pakan yang bergizi tinggi dan juga vaksin untuk menjaga daya tahan tubuh ayam mereka dari serangan penyakit.

Perubahan musim ini dapat juga anda rasakan pada keseharian anda, dan jika anda merasa sudah tiba waktunya pergantian musim, maka ada baiknya anda segera memberikan vaksinasi pada ayam anda. Pemberian vaksin ini akan sangat bermanfaat bagi ayam karena selain mencegah datangnya penyakit juga dapat meningkatkan stamina dari ayam anda sehingga dapat berlatih dengan lebih baik.

Jika anda memelihara ayam adu muda, anda wajib memberikan vaksin pada ayam anda mulai dari usia 1 minggu dan pemberian selanjutnya dapat anda lakukan pada 4-5 bulan kemudian. Pemberian vaksin juga harus dilakukan pada saat ayam tersebut sedang sehat dan bukan sedang sakit karena jika anda memberikan vaksin pada ayam yang sakit maka kemungkinan ayam tersebut akan mati.

Vaksin yang diberikan pada ayam adu juga disesuaikan dengan umur ayam bangkok anakan dan juga kesehatan ayam pada saat itu. Sebaiknya untuk anda yang belum terlalu paham dengan cara pemberian vaksinasi ini, anda harus bertanya pada beberapa penghobi ayam senior atau dokter kesehatan unggas dan ternak.

Cara lainya selain menggunakan vaksinasi adalah dengan menjaga kebersihan sekitar kandang agar pertumbuhan bakteri dan virusnya rendah dan juga anda wajib memandikan ayam adu yang sudah besar setiap hari kemudian menjemurnya dibawah sinar matahai untuk menjaga kesehatan ayam adu.